Gaya Hidup

Jarang Diketahui, Begini Penjelasan Lengkap Tentang Miss Hijab Indonesia

Selasa, 12 Oktober 2021 - 19:13
Jarang Diketahui, Begini Penjelasan Lengkap Tentang Miss Hijab Indonesia Miss Hijab Indonesia, Salma (FOTO: dok. Instagram @officialmisshijabindonesia)

TIMES MATARAM, MOJOKERTO – Selain Putri Muslimah Indonesia dan Putri Hijab Indonesia, Miss Hijab Indonesia layak dikenal juga.

Ajang yang cukup bergengsi ini, baru-baru ini melakukan ajang pencarian di Miss Hijab Jawa Timur. Dilangsungkannya cukup meriah di Grand City, Surabaya Minggu (10/10/2021) kemarin.

Para finalis yang terjaring dalam ajang Miss Hijab setiap regional di Indonesia, akan berkompetisi dalam ajang Miss Hijab Indonesia. Tahun 2021 menjadi tahun kedua bagi Miss Hijab Indonesia setelah dibentuk pada tahun 2019.

Chief Executive Officer (CEO) Miss Hijab Indonesia, Rizqi Dwi Cahya menjelaskan bahwa Miss Hijab Indonesia ini merupakan ajang beauty pageant muslimah.

"ini merupakan Tahun ke dua yang kami laksanakan, acara ini tidak hanya terfokus pada modelling saja, namun kami mencari Wanita Muslimah Indonesia yang memilik MISS (Manner, Integrity, Smart, Salihah)," jelas Rizqi kepada TIMES Indonesia, Selasa (12/10/2021).

Pembekalan juga diberikan mulai dari Public Speaking, Personal Branding, Catwalk, dan lainnya. Rizqi menjelaskan bahwa Miss Hijab Indonesia diinisiasi oleh pemilik Glamour Look Group yakni Putra Anta di tahun 2019.

"Miss Hijab indonesia di tahun 2019 didirikan oleh kak Putra Anta selaku pemilik Glamour Look Grup. Namun di tahun ini diserah terimakan kepada saya Rizqi Dwi Cahya yang mana sekarang saya pemilik/CEO dari Miss Hijab Indonesia ini," ungkapnya.

Rizqi menjelaskan kilas balik perjalanan Miss Hijab Indonesia. Miss Hijab Indonesia berawal dari sebuah sekolah model di Surabaya.

"Pada tahun 2019 yang mana acara tersebut di dalam naungan Sekolah Model yakni Glamour Look Model Surabaya, waktu itu acara ini kami gabungkan dengan Anniversary dengan sekolah model, dan waktu itu acaranya berlangsung cukup singkat tidak ada karantina atau kegiatan seperti pembekalan materi dan sebagainya," terangnya.

Sekilas Tentang Miss Hijab Jawa Timur

Terpisah, Regional Director Miss Hijab Jawa Timur, Ayis Nurnadifa mengungkapkan bahwa Miss Hijab Jawa Timur memiliki tingkat seleksi yang cukup ketat. Ajang ini dimulai pada awal September

"Yang pertama ada audisi yang dilakukan secara online yang diikuti dengan kurang lebih 150 peserta, dimana seluruh peserta harus mengupload vidio advokasi di sosial media. Kami dari Tim dan Juri menyeleksi siapa yang layak untuk maju ke tahap selanjutnya," terang Ayis kepada TIMES Indonesia, Selasa (12/10/2021).

Setelah kualifikasi pertama, diantara 150 lebih peserta se Jawa Timur, diambil hanya 50 peserta. Tahap selanjutnya dilakukan penilaian di 2 pos.

"Tahap selanjutnya ada semifinal, penilaiannya secara offline yaitu ada 2 pos, pos 1 penilaian presentasi advokasi yang sudah dibuat, dan pos yang ke 2 ada tes mengaji dan interview, komitmen kesiapan untuk maju ke tahap selanjutnya. Dari semifinalis itu yang kurang lebih 50 peserta kita ambil 20 peserta yg lolos sebagai Finalis Miss Hijab Jawa Timur 2021," terang Ayis.

20 peserta yang lolos ini menjalani masa pra-karantina. 20 peserta mendapatkan materi pembekalan mulai dari Beuty Class, Public Speaking, Personal Branding, dan Catwalk.

Tahap selanjutnya diantara 20 peserta ini melakukan masa karantina, tepatnya pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 di Pop Hotel Diponegoro Surabaya.

"Saat karantina terdapat beberapa penilaian dan materi tambahan, untuk penilaiannya ada advokasi individu, advokasi kelompok, catwalk, mengaji, bakat, depth interview. Dan materi tambahan yaitu kesehatan kulit dari Elmaskin," ungkap Ayis.

Minggu, 10 Oktober 2021 menjadi ajang Grand Final Miss Hijab Jawa Timur 2021. Lokasi yang dipilih adalah Grand City, Surabaya. Ada 6 pemenang, yaitu 1. Winner: Nurul Iftitah; 2. RU 1: Shima Novia Widya Putri; 3. RU 2 : Siti Mufadlilah; 4. Best performance: Widya Hapsari Murima; 5. Best intelegensia: Zumara Ma’rifah Azzahra; dan 6. Best Favorite : Checi Arum Septiani (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat (MG-335)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.