Wisata

Tempat Wisata di Jawa Timur yang Berada pada PPKM Level 2 Sudah Boleh Buka

Jumat, 10 September 2021 - 22:35
Tempat Wisata di Jawa Timur yang Berada pada PPKM Level 2 Sudah Boleh Buka Ilustrasi tempat wisata Jawa Timur. (Foto: dok. TIMES Indonesia)

TIMES MATARAM, SURABAYA – Kabupaten Kota di Jawa Timur yang sudah berada pada PPKM Level 2 sudah diperbolehkan untuk buka. Hal ini pun tercantum dalam Inmendagri no 39 tahun 2021.

"Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya)  diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi," demikian bunyi Inmendagri nomor 39 tahun 2021 tersebut.

Selain itu, kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol  kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur, Sinarto pun mengatakan bahwa sesuai Inmendagri tersebut sejumlah tempat wisata di Jawa Timur yang berada di level 2 diperbolehkan buka.

"Level 2, di Ipnmendagri boleh. Level 3 tidak boleh sehingga yang dilakukan adalah persiapan," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (10/9/2021).

Meski demikian kata Sinarto, pembukaan tempat wisata di wilayah PPKM Level 2 adalah kewenanganan masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota. "Itu kewenangan kabupaten kota," jelasnya.

Berdasarkan data dari Disbudpar Jatim, ada 11 Kabupaten Kota yang sudah mulai melakukan uji coba pembukaan tempat wisata yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Tuban, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Jember, Kabupaten Bojonegoro dan Kota Pasuruan (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.