https://mataram.times.co.id/
Pendidikan

Unizar Mataram Gelar Wisuda Tatap Muka di Tengah Pandemi

Kamis, 29 Juli 2021 - 22:37
Unizar Mataram Gelar Wisuda Tatap Muka di Tengah Pandemi Suasana acara wisuda ke-69 Universitas Islam Al-Azhar Mataram.(Foto: Humas Unizar Mataram)

TIMES MATARAM, MATARAM – Universitas Islam Al-Azhar Mataram atau Unizar Mataram menggelar wisuda sarjana strata satu (S1), yang ke-69 Tahun Akademik 2020/2021 secara tatap muka di Aruna Hotel Senggigi, Lombok Barat. Prosesi wisuda disebut menerapkan protokol kesehatan ketat pencegahan virus corona (covid-19).

Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh Ansyar, MP saat memberikan sambutan mengapresiasi peran serta sejumlah pihak yang turut membantu mengembangkan pendidikan di kampus Unizar Mataram. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pendahulu yang telah membangun dan meletakkan dasar-dasar demi kemajuan Unizar dan keluarga besar kampus, atas semangat dan loyalitasnya,” katanya, Kamis (29/7/2021).

Dalam kesempatan itu, Rektor juga menjelaskan sejumlah capaian yang diperoleh civitas akademika Unizar. Mulai dari Juara III tingkat Nasional Lomba Tandoku Virtual Shorinji Kempo Sakura Open Turnament Championship (UKM Shorinji Kempo), memperoleh hibah pengembangan Usaha Mahasiswa dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kegiatan Wirausaha Mahasiswa fakultas Ekonomi).

Unizar Mataram 1

Saat ini masih berlangsung dari bulan Mei sampai September adalah Pemilihan Mahasiswa berprestasi (PILMAPRES), Kompetisi Nasional  MIPA serta Kejuaraan Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional dan Kejuaraan Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dalam rangka mengimplementasikan Program Kampus Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, maka Unizar telah melakukan berbagai langkah diantaranya adalah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Yaitu pada bulan Oktober 2020 sampai bulan Maret 2021 melakukan kerjasama dengan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma  Jakarta dan Universitas Nusa Nipa Rote Ndao NTT untuk melaksanakan kuliah bersama yang dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 100 orang mahasiswa.

Selain itu, beberapa kerjasama  yang telah ditandatangani pada tahun 2021 dengan Pemprov NTB, kerjasama dengan Bale Mediasi NTB (untuk magang mahasiswa Fakultas Hukum), kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli sekaligus dengan Rumah Sakit Umum Daerah Bangli sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran. 

Selanjutnya kerjasama dengan Universitas Qomarul Huda Badaruddin, kerjasama dengan STKIP MNC Jakarta untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kerjasama dengan Konsulat Jenderal Australia dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kemampuan usaha ekonomi penyandang Disabilitas

"Diawal tahun 2021 ini, alhamdulillah Universitas Islam Al-Azhar telah memperoleh akreditasi Institusi dengan nilai BAIK, untuk itu kepada seluruh tim dan Kepala Badan Penjaminan Mutu diucapkan terima kasih atas upaya mempersiapkan segala sesuatunya sehingga proses akreditasi dapat berlangsung dengan baik," papar Muh Ansyar.

Dari 134 wisudawan/wisudawati yang dijadwalkan hadir, hanya 111 orang saja yang memenuhi syarat dan sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pada wisuda kali ini, sebanyak 14 mahasiswa dengan predikat Cum Laude. 

Sementara, peraih lima besar IPK tertinggi pada wisuda ke-69 Unizar Mataram kali ini adalah Dewa Ayu Putu Mitha Paramitha Rahayu prodi Pendidikan Dokter IPK 3.85. Miftahul Khairani Ulfa prodi Akuntansi IPK 3.84. Lilis Ulik Septiana Ningrum dari prodi Ekonomi Pembangunan IPK 3.82. Rismawati prodi Akuntansi IPK 3.78, dan Riska Komala prodi Teknik Sipil 3.73.(*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.