Pendidikan

Sederet Tokoh Nasional Hadiri Posmaru Unhasy 2021

Kamis, 14 Oktober 2021 - 20:24
Sederet Tokoh Nasional Hadiri Posmaru Unhasy 2021 Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memberi motivasi mahasiswa baru dalam acara Posmaru 2021 Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, Kamis (14/10/2021). (FOTO: Dok. Unhasy)

TIMES MATARAM, SURABAYA – Sederet tokoh nasional dan kepala daerah potensial menghadiri Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (Posmaru) 2021 Universitas Hasyim Asy'ari (Posmaru Unhasy) Tebuireng Jombang, Kamis (14/10/2021).

Mulai dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menteri Agama H Yaqut Khollil Qoumas, Menteri Desa Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Bupati Blitar, Bupati Lumajang dan masih banyak lagi. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari berturut-turut mulai 13-15 Oktober 2021.

Rektor Unhasy, Prof. Dr. H. Haris Supratno menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh yang berkenan hadir untuk memberikan dukungan dan suntikan motivasi kepada civitas akademika.

Prof Haris berharap Unhasy menjadi perguruan tinggi yang diperhitungkan di Jawa Timur bahkan dalam kancah nasional.

Selain itu, Prof Haris juga memberikan penekanan kepada mahasiswa baru terhadap ancaman informasi hoaks.

Ia mengimbau agar peran mahasiswa sebagai agen perubahan harus bisa memberikan contoh kepada masyarakat dalam penyampaian informasi. Antara lain perlu disertai bukti data yang berasal dari penelitian, artikel jurnal atau literasi akademik lainnya.

Posmaru Unhasy 2

"Kesemuanya itu akan mahasiswa alami saat penulis penelitian dalam skripsi nantinya. Sehingga dengan adanya data pendukungnya itu, penyampaian pendapat yang baik juga akan berpengaruh pada pelaksanaan demokrasi yang baik pula," ungkap Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud Ristek Nadiem menyampaikan pentingnya mahasiswa dalam memanfaatkan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut berharap Posmaru Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang Tahun Akademik 2021/2022 berlangsung sukses. Karena dalam sejarahnya, Unhasy telah melahirkan banyak pahlawan dan pejuang bangsa.

"Kini saatnya mahasiswa Unhasy yang meneruskan perjuangan dalam konteks kekinian. Misal mengembangkan kewirausahaan berbasis pesantren. Program ini sangat relevan karena sejalan dengan upaya kementerian agama dalam mendorong kemandirian pesantren," ungkap Menag yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut.

Senada, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar turut memberikan support dan dukungan. Dia menyampaikan bahwa Unhasy akan mencetak mahasiswa berkepribadian kuat khas jati diri seorang santri.

"Unhasy akan melahirkan lulusan yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membersamai perkembangan umat," ujarnya.

Wakil Menteri Agama Drs. H. Zainut Tauhid Sa'adi, juga memberikan support dan dukungan kepada Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang khususnya bagi mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022.

Ia menyampaikan pentingnya orientasi pada mahasiswa untuk memperkenalkan sistem akademik dan pembelajaran di lembaga perguruan tinggi yang memiliki ciri dan cara khusus dalam pengelolaan.

Sehingga, para mahasiswa baru dapat beradaptasi dan memanfaatkan kampus sebagai media belajar agar dapat menunjang pengembangan potensi akademik dan potensi non-akademik.

Selain para tokoh kaliber nasional tersebut, turut memberikan dukungan adalah Prof. Dr. KH. Haedar Nasir, Ketua Umum PP Muhammadiyah.

Prof Haedar berpesan bahwa kehadiran mahasiswa baru adalah bentuk dari semangat untuk meneruskan cita-cita Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari untuk membangun kehidupan kaum muslim dan bangsa Indonesia dalam lingkup ilmu agama dan ilmu pengetahuan bagi kemajuan umat.

KH. Afifuddin Muhajir, Rois Syuriah PBNU juga memberikan dukungan. Ia menyampaikan kebahagiaan karena mahasiswa Unhasy tentu nanti akan diakui sebagai santri Hadratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari dan akan berkumpul di surga nantinya.

Selanjutnya,  KH. Abdul Hakim Mahfudz, Pengasuh PP. Tebuireng Jombang atau Gus menyampaikan bahwa kepemimpinan rektor saat ini, Prof. Dr. H. Haris Supratno selalu membangun sinergi yang baik antara Unhasy dengan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Hal ini diharapkan memberikan warna tersendiri bagi mahasiswa yang merupakan perguruan tinggi berbasis pesantren dan kewirausahaan.

Mereka akan sejalan dan seirama dengan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang untuk mewujudkan Indonesia tumbuh dan maju sesuai program pemerintah dengan tetap memelihara nilai-nilai luhur dari pemikiran Hadrotus Syaikh KH. M. Hasyim Asy'ar.i

H. Irfan Wahid, Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Unhasy yang juga merupakan Putra Pertama KH. Salahudin Wahid juga memberikan pemaparan dalam Posmaru ini.

Posmaru Unhasy 3

Gus Irfan menyampaikan bahwa mahasiswa Unhasy tentunya akan mencintai agama sekaligus negara yang akan menjadikan pribadi mahasiswa Unhasy sebagai sosok luar biasa.

Dari kalangan kepala daerah potensial, hadir secara virtual juga H. Anies Rasyid Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Anies menyampaikan bahwa Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang menyandang nama besar Hadrotus Syaikh KH. M. Hasyim Asy'ari pahlawan nasional, pendiri Nahdlatul Ulama sekaligus pendiri pondok pesantren Tebuireng.

"Perjalanan kampus ini tidak bisa dilepaskan dari peran KH. Salahuddin Wahid, di tangan Beliau Universitas Hasyim Asy'ari mengalami kemajuan yang sangat pesat seperti sekarang ini yang bisa menjadi kampus nomor wahid di Kabupaten Jombang," ungkap Anies.

Gubernur Jawa Timur Khofifah dalam kesempatan ini juga berharap bahwa dari Universitas Hasyim Asy’ari ini akan terlahir sosok yang memiliki proses kepesantrenan yang kuat tetapi juga memiliki kemampuan untuk menjadi entrepreneur yang handal. Lalu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak juga memberikan dukungan terhadap kegiatan Posmaru ini.

Hj. Mundjidah Wahab, Bupati Jombang juga memberikan support dan dukungan atas terselenggarakannya kegiatan Posmaru Unhasy Tahun 2021 ini, ia berharap dapat mencetak lulusan yang berjiwa kepesantrenan dan kewirausahaan.

Selanjutnya, Hj. Rini Syarifah, Bupati Blitar juga menyampaikan bahwa Unhasy merupakan pusat pengembangan ilmu pengetahuan berbasis nilai-nilai keislaman untuk mencetak generasi insan kamil.

"Kuliah di Universitas Hasyim Asy'ari merupakan pilihan yang cerdas," ujarnya sekaligus mengucapkan selamat datang mahasiswa baru di Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang.

H. Thoriqul Haq, M.ML., Bupati Lumajang juga berkenan memberikan dukungannnya. Ia menyampaikan bahwa Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mempunyai karakter dan kekuatan kebangsaan dan ke-Indonesia-an, termasuk juga Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang yang juga menjadi bagian penting dari kelembagaan pendidikan yang ada di pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

"Para mahasiswa yang kuliah di Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang adalah para mahasiswa yang mempunyai karakter ke-Indonesia-an juga mempunyai nilai-nilai pesantrenan dan kewirausahaan," ucap Bupati Thoriq.

Terakhir, KH MB Firjaun Barlaman (Gus Firjaun), Wakil Bupati Jember juga memberikan dukungan. Ia memaparkan bahwa kesuksesan dunia dan kebahagiaan akhirat mutlak diperlukan. Maka, melanjutkan pendidikan di Unhasy (Uniiversitas Hasyim Asy'ari) merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan ilmu dunia dan akhirat demi meraih kesuksesan dunia dan kebahagiaan akhirat.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.