Pendidikan

Siswa MAN IC OKI Raih Medali Perunggu Pada Ajang IABO Tahun 2021

Senin, 12 Juli 2021 - 18:14
Siswa MAN IC OKI Raih Medali Perunggu Pada Ajang IABO Tahun 2021 Gedung MAN Insan Cendekia OKI. (Foto: Instagram Osis MAN IC OKI)

TIMES MATARAM, JAKARTA – Muhammad Rizqi Aulia, Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kabupaten Ogan Komering Ilir (MAN IC OKI) meraih medali perunggu di International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021.

Ajang ini diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS) secara daring, 4 Juli 2021.

"Alhamdulillah, delegasi MAN IC OKI ikut mengharumkan nama bangsa," ujar Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal yang bangga atas prestasi muridnya ditingkat dunia, Senin (12/7/2021).

Siswa MAN IC OKI 2Muhammad Rizqi Aulia, Siswa MAN IC Kabupaten Ogan Komering Ilir yang meraih medali perunggu di International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021. (Foto: Dok. Kemenag)

Menurut Faisal, selain Rizqi, ada beberapa siswa SMA yang meraih medali pada ajang tersebut.  Muhammad Rizqi Aulia meraih perunggu bersama peserta dari Armenia dan UAE. Sementara peraih perak peserta asal Nigeria, Kazakhstan, Armenia, Indonesia, UAE, Turkey, India, dan Nepal. Medali Emas diraih peserta dari Armenia, Peru, Philippines, Indonesia. Sedang Grand Award diraih peserta asal Philipines.

"Hasil lomba diumumkan pada 10 Juli 2021 malam melalui Virtual Zoom Meeting," sebutnya.

Faisal menjelaskan, keikutsertaan Rizqi di IABO setelah melalui seleksi berjenjang oleh Indonesia Scientific Society. Seleksi itu dilakukan dari tahap sekolah hingga lulus ke tingkat internasional. Seleksi internasional berlangsung pada bulan Juli lalu secara daring.

Kompetisi IABO meliputi membuat Scientific Paper dan presentasi. Keduanya dilaksanakan secara daring.

Scientific Paper Rizqi bertajuk "Insuline Hormone: Glukose Controller. Sedang topik presentasinya adalah "Ion Deficiency Anemia". Presentasi ini membahas tentang studi kasus penderita Anemia, mulai dari keluhan, pemeriksaan fisik dan lab sampai hasil diagnosis.

Presentasi ini juga menjawab lima soal essay tentang fisiologi tubuh manusia, yaitu: masalah pada sistem reproduksi, proses pembentukan eritrosit (hemtopoitetic) selama kehamilan, sistem aliran darah untuk ibu hamil, defisiensi zat besi pada penderita anemia khususnya pada kehamilan, dan aspek farmakologi dari suplement zat besi dalam kehamilan.

Sistem penilaian berdasarkan pada bobot yang sama antara Scientific Paper dan presentasi.

"Selamat dan semoga ini memotivasi siswa lainnya untuk berprestasi sesuai bidang minat dan bakatnya," harap Kepala MAN IC OKI ini.

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.