Olahraga

Prestasi Meningkat di SEA Games 2021, Menpora RI Tetap Evaluasi Atlet Indonesia 

Senin, 23 Mei 2022 - 12:21
Prestasi Meningkat di SEA Games 2021, Menpora RI Tetap Evaluasi Atlet Indonesia  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali saat memberikan arahan kepada atlet olahraga (foto: Dokumen/Kemenpora)

TIMES MATARAM, JAKARTA – Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

Selama SEA Games 2021 Vietnam, beberapa cabang olahraga memang mendapatkan prestasi yang berbeda. Ada yang tidak mencapai target, seperti Pencak Silat dan Atletik misalnya, kedua cabor yang masuk dalam DBON ini tak membuahkan hasil maksimal karena tidak sesuai target. 

Namun ada juga cabor yang bisa melebihi target seperti cabor dayung, panahan atau menembak. Bahkan ada beberapa cabor yang membuat kejutan dengan pecah rekor SEA Games seperti Angkat Besi, dan Basket yang bisa mengukir sejarah dengan berhasil mempersembahkan medali emas.

"Meskipun SEA Games bukan target utama dan hanya sasaran antara, kita tetap akan melakukan evaluasi. Khusunya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," kata Menpora di Jakarta, Senin (23/4/2022).

Sesuai DBON, ada total 12 cabor unggulan untuk Olimpiade yakni: atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, sedangkan wushu dan pencak silat cabor yang dipersiapkan untuk Indonesia tuan rumah Olimpiade. Sementara tiga cabor yang masuk industri yakni, Sepakbola, Voli dan Basket. 

"Nanti untuk evaluasinya ada yang akan saya langsung ke ketua umum cabor, ada pula yang melalui NOC, KONI dan Tim Review. Yang pasti sistem promosi dan degradasi untuk cabor DBON masih akan kita terapkan, karena ini adalah cermin perubahan paradigma baru olahraga Indonesia untuk menjadi lebih baik," pungkas Menpora RI. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.