Gaya Hidup

Uniknya Rasa Mie Aceh Bikin Mulut Ketagihan

Senin, 17 Januari 2022 - 03:35
Uniknya Rasa Mie Aceh Bikin Mulut Ketagihan Mie Aceh . (Foto: Atiq Ali Rahbini for TIMES Indonesia)

TIMES MATARAM, JAKARTA – Aceh cukup terkenal akan kuliner-kuliner khasnya yang menggiurkan. Bahkan banyak orang datang ke propinsi di paling ujung Barat Indonesia ini untuk mencicipi masakan mereka. Nah, masakan yang paling dicari dari Kota Serambi Mekah ini biasanya adalah Mie Aceh.

Mie Aceh adalah sebuah hidangan mie yang terbilang cukup unik. Hal ini sudah diketahui dari cara memasaknya yang layaknya seperti mie goreng tapi tanpa air. Mie Aceh dulunya disebut sebagai mie kuning maupun mie tepung oleh penduduk lokal. Mie ini merupakan perpaduan masakan China dan India.

Mie Aceh ada beberapa jenis yakni Mie Aceh Goreng Basah dan Mie Aceh Kuah. Kedua mie tersebut dibuat dengan cara yang sama. Yang membuatnya sedikit beda ialah takaran kuah kaldu yang dipakainya. Mie Aceh biasanya juga dilengkapi dengan beberapa potong daging sapi, kambing, udang, cumi dan kepiting.

Mie Aceh menggunakan bumbu bumbu halus seperti cabai merah, kunyit, jintan, kapulaga, merica dan bawang putih. Mie Aceh juga dimasak tanpa memakai telur tidak seperti mie rebus dan mie goreng dari pulau Jawa pada umumnya.

Setelah siap disajikan, Mie Aceh juga dilengkapi dengan taburan emping dan bawang goreng yang membuatnya lebih berasa. Beberapa orang jug akan mengganti bawnag goreng dengan irisan bawang merah mentah. Ada pula yang menabahkan kacang goreng ke atasnya.

Hingga kini, Mie Aceh dapat ditemui di berbagai sudut kota di Indonesia. Harganyapun beragam mulai dari Rp. 15 K sampai dengan Rp. 35 K. Keunikan rasa yang dicipatakan dari berbagai bahan membuat hidangan ini selalu menggoda untuk dinikmati. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.