Berita

Varian Omicron di Indonesia Semakin "Menggila"

Selasa, 18 Januari 2022 - 14:27
Varian Omicron di Indonesia Semakin "Menggila" Ilustrasi - masyarakat menggunakan masker agar terhindar dari Covid-19. (FOTO: dok Halodoc)

TIMES MATARAM, JAKARTA – Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus "menggila". Per Senin kemarin, sudah mencapai 840 kasus. Diketahui, angka tersebut bertambah 92 kasus dari sebelumnya berjumlah 748 kasus.

"Saat ini 840 kasus positif Omicron," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) Siti Nadia Tarmizi dalam siaran pers Selasa (18/1/2022).

Ia menyampaikan, dari 840 kasus tersebut, 609 kasus dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), 174 kasus transmisi lokal. Dan sisanya masih diteliti. "Kalau transmisi lokal itu yang sudah kami indentifikasi," jelasnya.

Selain itu kata dia, secara kumulatif, negara kedatangan PPLN paling banyak dari Arab Saudi. Setelah itu ada Turki, Amerika Serikat (AS), Malaysia dan Uni Emirat Arab.

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) sudah melarang para pejabat pergi ke luar negeri menyusul varian Omicron semakin melonjak. Hal itu ungkap oleh Menko Marves Luhut Panjaitan.

"Presiden juga meminta agar kita seluruh masyarakat dapat membatasi diri. Pejabat-pejabat pemerintah malah sudah dilarang untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk tiga minggu ke depan ini," katanya kemarin.

Luhut mengaku, saat ini pemerintah terus memantau perkembangan kasus varian Omicron di sejumlah negara untuk memprediksi segala kemungkinan yang terjadi ke depan.

Ia menegaskan, pemerintah juga melakukan berbagai langkah mitigasi agar tren peningkatan kasus Omicron di tanah air lebih landai dari negara lain.

"Puncak gelombang kasus varian Omicron diperkirakan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret ini. Namun pemerintah akan melakukan berbagai langkah mitigasi agar peningkatan kasus yang terjadi lebih landai," jelasnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.