Wisata

Meresapi Keindahan Gunung Bromo

Senin, 17 Januari 2022 - 00:30
Meresapi Keindahan Gunung Bromo Pemandangan menakjubkan yang akan anda nikmati di Bromo. (PHOTO: Dhina/TIMES Indonesia

TIMES MATARAM, MALANG – Jawa Timur memiliki banyak sekali destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara. Mulai dari pemandangannya yang memukau hingga hidangan tradisional khas mereka yang menjadi favorit semua orang. Namun bagi yang suka mengagumi keindahan alam, Gunung Bromo wajib masukkan ke daftar kunjungan anda jika anda berada di Jawa Timur.

Gunung Bromo adalah sebuah gunung yang terletak di antara 3 kota, Malang, Lumajang dan Probolinggo. Gunung ini memiliki luas sekitar 800 kilometer persegi dan menjadi bagian dari Taman Nasional Tengger Semeru. Ketinggian gunung saat ini adalah sekitar 2.392 meter. Dan ini menjadikan gunung tersebut sebagai gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Bromo mulai dikenal masyarakat lokal sejak sekitar 100 thun yang lalu. Ceritanya dimulai ketika raja terakhir Kerajaan Majapahit bernama Brawijaya memiliki seorang putri bernama Roro Anteng. Sang putri kemudian dinikahkan dengan Joko Seger yang berasal dari Kasta Brahma. Keduanya dikaruniai 25 orang anak dan anak terakhir bernama Kesuma.

Suatu hari, Tuhan menyuruh Roro dan Joko untuk mengorbankan anak terakhir mereka sebagai persembahan kepada-Nya tetapi mereka menolak. Akibatnya, Kesuma jatuh ke dalam kawah saat terjadi letusan dan kakak-kakak Kesuma mengadakan upacara sesaji hingga saat ini dikenal dengan Upacara Kasada.

Nama suku Tengger juga diyakini berasal dari gabungan dari nama Roro An(teng) dan Joko Se(ger). Sampai sekarang, suku tersebut tetap melakukan upacara Kasada setiap tahun apa pun yang terjadi untuk menghormati budaya mereka.

Gunung Bromo memiliki pemandangan yang luar biasa. Wisatawan suka berfoto di samping gunung ini. Tidak hanya sekedar berfoto, semilir angin dan sejuknya udara sekitar membuat petualangan anda di tempat ini menjadi lebiih berkesan. Karena ketinggian gunung, suhu biasanya mulai dari 3 sampai 20 derajat celcius.

Biasanya, ada 4 tempat indah yang bisa Anda kunjungi di gunung yang indah ini. Yaitu Puncak P-30, Bukit Teletubbies, Kawah Bromo, dan Bukit Pasir. Kesemuanya benar-benar akan memberikan pengalaman tak terlupakan menikmati pemandangan alam dengan cara yang paling eksotis. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.