https://mataram.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Basarnas Ternate Lakukan Pencarian Penumpang yang Terjatuh dari Kapal KM Al Sudais

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:48
Basarnas Ternate Lakukan Pencarian Penumpang yang Terjatuh dari Kapal KM Al Sudais Ilustrasi korban terjatuh ke laut (Foto: Istimewa)

TIMES MATARAM, TERNATEBasarnasTernate pada Kamis (29/02/24), menerima laporan bahwa satu orang penumpang kapal KM Al Sudais 21 dengan rute Ternate-Sanana terjatuh ke laut.

Kronologis kejadian pada tanggal 28 Februari 2024 saat KM Al Sudais 21 dalam perjalanan dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dengan tujuan Pelabuhan Sanana. 

Data korban yang diterima, nama Hayun Usia (37), warga asal Akehuda. Sekitar pukul 22.25 WIT, korban yang baru selesai buang air kecil dari kamar mandi dek 2 bagian buritan kapal. Korban sempat duduk di atas pagar pembatas kapal. Tiba- tiba korban terjatuh ke laut dari kapal.

Adapun saksi mata atas nama Sufri Umamit. Saksi yang melihat kejadian saat itu langsung berteriak dan melaporkan kepada nahkoda, Bustamin Baya.

Upaya telah dilakukan pihak KM Al Sudais dengan melalukan pencarian sebanyak 7 kali putaran pada titik jatuhnya korban. Namun dilaporkan, hasil pencarian nihil. 

Selanjutnya pihak KM Al Sudais 21 menghubungi kapal yang melintas yaitu KM Dorolonda. Pihaknya meminta bantuan untuk menghubungi Basarnas dan Syahbandar melalui telepon satelit.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Ternate, Bram Madya mengatakan setelah menerima laporan, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan instansi terkait guna rencana pencarian terhadap korban.

Selanjutnya pukul 11.00 WIT, rescuer Basarnas Ternate dengan menggunakan RIB 04 bergerak menuju ke LKP untuk melakukan operasi pencarian.

"Pencarian melibatkan unsur, Basarnas Ternate, Brimob Polda Malut, Polairud Polda Malut, Lanal Ternate, Masyarakat dan Keluarga," ungkapnya.

Hingga tulisan ini dibuat, pihak Basarnas Ternate masih melakukan pencarian korban.(*)

Pewarta : Haerun Hamid
Editor :
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.