Gaya Hidup

Biar Kendaraan Prima, Jangan Abai Cek Volume Oli Mobil Anda

Sabtu, 31 Juli 2021 - 08:26
Biar Kendaraan Prima, Jangan Abai Cek Volume Oli Mobil Anda Ilustrasi pengisian oli (Foto: Dok.Peugeot)

TIMES MATARAM, JAKARTA – Agar performa mesin mobil tetap prima, perhatian terhadap kendaraan secara berkala wajib untuk dilakukan. Tidak terkecuali pengecekan volume oli pada kendaraan. Aktivitas ini dapat dilakukan secara mandiri oleh sang pemilik kendaraan.

"Apakah volumenya sudah mulai berkurang atau kualitasnya sudah menurun. Hal ini penting dilakukan terlebih sebelum mobil dipergunakan untuk berkendara jarak jauh yang memerlukan penggunaan mesin selama berjam-jam," tukas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot, Sabtu (31/7/2021).

Mengecek oli mesin caranya cukup mudah. Seperti pada mesin mobil  Peugeot 3008 SUV atau 5008 SUV, sudah terdapat deep stick alias batang pengecek yang rata-rata terpasang di bagian samping mesin.

Lewat batang indikator ini, pemilik kendaraan bisa mendapatkan gambaran kondisi kualitas dan volume oli mesin dan dapat menilik masalah yang mungkin ada. Prosedur pengecekan oli kendaraan umum dilakukan saat kondisi mesin kendaraan dalam keadaan dingin atau belum dipergunakan.

Pengisian Oli a

Namun, ada juga produsen oli yang menganjurkan agar mengecek oli setelah memanaskan mobil. Alasannya, saat sebagian oli masih di atas pasca melumasi komponen mesin setelah mobil dipanaskan, pada bak mesin biasanya sudah berkurang dan hal volume pada bak terserbut lah yang diukur.

Langkah ini harus dipahami pemilik dalam melakukan prosedur yang tepat. Agar proses pengecekan benar-benar akurat dan tidak membuat kerja mesin jadi berat.

Salah satu caranya adalah membaca petunjuk perawatan mobil. Karena beberapa produsen oli ada yang menganjurkan mengganti oli mobil sebelum menggunakan mobil atau ketika olinya masih dingin.

Saat pengecekan pastikan mobil terparkir di permukaan rata. Hal ini untuk mendapatkan pembacaan yang akurat, sekaligus memastikan bahwa oli tidak berkumpul di salah satu sisi tangki oli.

Pengisian Oli b

Buka kap mobil dan temukan tongkat celup atau deep stick di samping area mesin. Kebanyakan mobil, di bagian atas tongkat celup ada pengait berwarna merah, oranye atau kuning.

Bentuknya melingkar atau kotak mencuat menjauhi mesin dan condong ke salah satu sisi. Biasanya dimasukkan ke dalam penuntun tongkat celup dengan lebar seukuran pensil.

Sekarang tinggal tarik dan bisa mengecek kondisi oli dalam mesin mobil. Jangan lupa siapkan tisu atau kain yang sudah tidak terpakai, gunanya untuk menyeka oli dan mengecek konsistensi dan volumenya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.