Berita

Ketua TP PKK NTB: Perempuan Adalah Penyelamat Keluarga Saat Terjadi Bencana

Selasa, 06 April 2021 - 21:26
Ketua TP PKK NTB: Perempuan Adalah Penyelamat Keluarga Saat Terjadi Bencana Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah. (FOTO: Dinas Kominfotik NTB)

TIMES MATARAM, MATARAMKetua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengungkapkan, keberhasilan Keluarga PKK Gagah Bencana dapat tercapai apabila adanya pelibatan dan dukungan masyarakat, perencanaan yang matang, sosial dan budaya  atau kearifan lokal, pembekalan dan supervisi, dukungan SDM, serta data dan pelaporan. 

Hal itu Ia sampaikan ketika menjadi narasumber pada webinar Sosialisasi Tangguh  dan Tanggap Bencana (Gagah Bencana) di Pendapa Gubernur NTB, Selasa (6/4/2021).

Niken mengatakan, dalam hal kebencanaan perempuan merupakan penyelemat anak-anak dan keluarga. Menurutnya, perempuan berperan besar dalam menyelamatkan keluarga, karena perempuan memiliki kepekaan yang dinilai cukup tinggi terhadap situasi apapun termasuk persoalan kebencanaan. 

“Perempuan diharapkan bisa ikut tanggap dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu terjadi," ujarnya.

Ia berpendapat, perempuan juga harus mengenali kapasitas bencana di lingkungan sekitarnya dalam upaya penanganan baik sebelum pada saat dan sesudah terjadinya bencana itu sendiri.

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat melalui Medsos, perempuan-perempuan NTB diharapkan dapat lebih cepat mendapatkan informasi dan langsung bertindak serta berupaya melakukan upaya perlindungan dan penyelamatan terhadap keluarga.

“Hal ini hendaknya harus benar-benar disadari dan dimengerti akan situasi dan kondisi daerah masing-masing bila terjadi bencana. Selanjutnya perempuan harus memahami penyebab atau gejala bencana yang akan terjadi mengingat bencana itu sendiri beragam," kata Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah. (*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.