https://mataram.times.co.id/
Berita

Polda Metro Jaya Ungkap Modus Baru Operasional Pinjol Ilegal

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 12:27
Polda Metro Jaya Ungkap Modus Baru Operasional Pinjol Ilegal Sebuah perusahaan peminjaman uang online usai digrebek polisi (foto: Dokumen/Suararakyat)

TIMES MATARAM, JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menuturkan bahwa, berdasarkan penyelidikan ditemukan fakta baru aktivitas Pinjaman Online (Pinjol) di Indonesia. 

Menurut Yusri Yunus, sejumlah pelaku yang mengelola perusahaan pinjol ilegal menjadikan pinjol legal sebagai 'etalase' untuk mencari nasabah. Cara tersebut mereka lakukan dengan cerdik dan licik.

Perusahaan ilegal itu secara teknis mencari nasabah yang meminjam uang menggunakan aplikasi legal, dan menawarkan pinjaman kepada nasabah tersebut saat membayar dengan aplikasi berbeda yang ilegal namun masih dalam satu perusahaan yang sama.

"Contoh di Green Lake City ada fintech online legal terdaftar di OJK. Ada tiga aplikasi legal saat itu dari PT tersebut, tapi ada 10 aplikasi yang ilegal dari PT tersebut. Jadi aplikasi legal etalase saja, tapi main di ilegal," kata Yusri Yunus di Jakarta, Sabtu (23/10/2021).

Berdasarkan temuan ini, Yusri Yunus mengatakan Polda Metro Jaya dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akan meluncurkan aplikasi untuk memastikan aplikasi pinjol yang akan digunakan masyarakat terdaftar resmi.

Dia mengatakan, ketiga lembaga tersebut akan berkolaborasi dalam satu sistem data siber untuk mengawasi Pinjol Ilegal. Mereka dinilai sangat merugikan masyarakat, apalagi sampai melakukan pemerasan dan ancaman.

"Secepatnya kami akan susun satu platform kerjasama dengan OJK dan Kominfo yang masyarakat bisa lihat mana aplikasi legal dan ilegal sehingga mudahkan masyarakat saat lakukan peminjaman lewat aplikasi," pungkas Kabid Humas Polda Metro Jaya terkait operasi pinjol ilegal. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.