Berita

Informasi Terbaru, Inilah Cara Tata Kelola Vaksin Covid-19 Moderna

Rabu, 04 Agustus 2021 - 15:07
Informasi Terbaru, Inilah Cara Tata Kelola Vaksin Covid-19 Moderna Vaksin Moderna digunakan untuk vaksin booster Nakes (Foto: SHUTTERSTOCK)

TIMES MATARAM, JAKARTAVaksin Covid-19 jenis Moderna merupakan dukungan dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan skema doses-sharing atau berbagi dosis vaksin.

Penerima vaksin Covid-19 dari Moderna dibatasi untuk usia dewasa yakni di atas 18 tahun.  Vaksin Covid-19 dari Moderna ini diberikan dalam dua dosis dengan interval 28 hari lamanya.

The National Institutes of Health (NIH) berhasil mengembangkan vaksin Moderna yang menggunakan mRNA untuk melatih tubuh mengenali SARS-CoV-2, sebagai virus yang menyebabkan COVID-19. Keuntungan dari penggunaan vaksin mRNA ini adalah memudahkan para ilmuwan untuk membuat vaksin secara cepat dan efektif.

Maka agar efikasi dari Moderna harus tetap terjaga, ini adalah tata kelola atau hal yang perlu diperhatikan untuk mengelola vaksin Moderna agar kualitas tersebut tidak rusak.

  1. Saat Kabupaten atau Kota menerima vaksin Moderna harus segera di simpan dalam freezer.
  2. Saat pendistribusian vaksin moderna harus dengan ice pack beku
  3. Vaksin Moderna hanya bisa di berikan kepada tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksin ke dua Sinovac atau dua dosis Astra Zeneca dengan jarak minimal 3 bulan setelah penyuntikan vaksin dosis kedua.
  4. Vaksin Moderna tidak boleh di gunakan sebagai vaksin dosis 1 karena vaksin tersebuti hanya bisa untuk dosis ke-3
  5. Jika fasilitas kesehatan tidak memiliki freezer, maka  vaksin Moderna bisa disimpan pada suhu 2° hingga - 8° C dengan catatan masa pakai hanya 1 bulan saja.
  6. Sebelum digunakan, vaksin Moderna yg di simpan dalam freezer harus di keluarkan dulu sampai dengan suhu 15 sampai 25 derajat celcius selama 1 jam. Selanjutnya dipindahkan ke dalam vaccine carrier  untuk jumlah vaksin disiapkan hanya sesuai jumlah sasaran dan harus langsung digunakan maximal 24 Jam dan tidak boleh dikembalikan ke lemari es.
  7. Vaksin moderna yang pencairan dilakukan di suhu 2 sampai 8 derajat celcius selama tiga jam dapat langsung dipindahkan ke dalam vaccine carrier.
  8. Penyediaan Vaksin moderna dalam bentuk suspensi beku dengan penggunaan maximal 14 hingga 15 dosis,  jika sudah mencair vaksin sama sekali tidak boleh di kocok krn akan merusak vaksin tersebut.
  9. Saat pengiriman vaksin Moderna harus dilakukan dengan hati-hati dan meminimalkan guncangan selama perjalanan dan vial harus dalam kondisi tegak.
  10. Di pos pelayanan, diamkan vaksin terlebih dahulu di suhu ruangan selama 15 menit sebelum digunakan. Goyangkan atau putar secara lembut setiap sebelum penyuntikan dan pastikan tidak ada warna selain warna keputihan.
  11. Saat pengambilan vaksin ke dalam jarum suntik harus sangat hati hati karena jika ada gelembung udara tidak boleh di sentil untuk mengeluarkan gelembung udara nya karena  akan merusak vaksin untuk menghilangkan gelembung, kembalikan vaksin ke dalam vial secara perlahan, lalu aspirasi kembali.
  12. Semua fasilitas vaksinasi di setiap pos wajib tersedia emergency kit anafilaksis kit,  untuk antisipasi efek samping dari penggunaan vaksin Moderna seperti sakit kepala, mual, muntah sampai dengan syok anafilaksis.

Vaksin Covid-19 dari Moderna sendiri sudah banyak digunakan di AS dan sejumlah negara Eropa lainnya. Vaksin Covid-19 dari Moderna mirip dengan Pfizer, dikembangkan dengan memberikan informasi genetik kepada tubuh untuk menghasilkan protein virus atau bakteri. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.