Berita

Ratusan Musisi Surabaya Ramaikan Tanjung Perak Jazz 2022

Senin, 23 Mei 2022 - 21:02
Ratusan Musisi Surabaya Ramaikan Tanjung Perak Jazz 2022 Suara merdu Indah Kurnia menyanyikan musik jazz diiringi permainan keyboard usai press conference di Omah Sae Surabaya, Senin (23/5/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES MATARAM, SURABAYA – Konser musik spektakuler Tanjung Perak Jazz (TPJ) kembali hadir tahun ini. TPJ 3 bakal menampilkan 100 lebih musisi jazz Surabaya di North Quay Gapura Surya Jaya Tanjung Perak pada 2 Juni 2022 mendatang mulai pukul 13.00-22.00 WIB.

Antara lain Harun & Friends, Female Bandung, Korek Jazz, The Skuy, Hi Beats, Victor & Friends, Dr Mik, Orange, Mr Jack, SAS, Pavoiseren, FJazzC, Estu, SweetSwingNoff dan Iroel & Friends serta gabungan beberapa kampus ITB, ITS dan Unair bernama Jazz Versity.

TPJ juga meningkatkan kualitas pertunjukan mulai sound system, tampilan streaming, kemasan acara hingga performa.

Suara-merdu-Indah-Kurnia-menyanyikan-musik-jazz-diiringi-permainan-keyboard-usai-press-conference-2.jpg

Gelaran TPJ menempati tiga stage. Caravan pada pintu masuk. Setting panggung caravan terlihat non komersil, unik dan menawarkan nuansa layaknya pertunjukan jazz di jalanan Amerika.

Kemudian juga ada indoor stage dan outdoor stage atau sea view. Lokasi sea view bakal menjadi magnet tersendiri. Mendengarkan musik jazz sambil menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset). Namun hanya tersedia 50 seat.

Tak lupa sepanjang acara, para penonton bisa mengabadikan eksotisme SNQ dengan nyaman karena panitia tetap memberlakukan protokol kesehatan.Tak ketinggalan, stand makanan tersedia baik di outdoor maupun indoor.

Penonton bisa masuk secara gratis dengan kuota tertentu. Caranya, cukup menghubungi panitia.

Penggagas jazz festival Indah Kurnia mengatakan, TPJ adalah pertunjukan musik jazz yang digelar oleh kelompok Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ).

Kelompok ini secara konsisten menghadirkan musik jazz dengan orientasi utama yaitu membangun local pride (bangga dengan musisi lokal).

Inilah yang membedakan festival jazz yang diadakan oleh SPJ dengan festival lainnya yang berorientasi pada profit.

“Sehingga, kalau dilihat sekilas mungkin tidak menarik untuk ditonton, tapi tidak apa-apa. Kami akan tetap konsisten untuk membumikan jazz di Surabaya dan menjaga semangat para Jazzer Surabaya dengan membangun local pride," kata Indah Kurnia.

SPJ resmi lahir dan berakta Notaris pada saat pandemi yaitu 12 Desember 2020. Sebelumnya para musisi jazz Ini tergabung dalam kelompok bernama Surabaya Entertainers Club (SEC).

"Kami ingin menggerakkan musisi-musisi Surabaya jangan takut memainkan musik jazz," tambah Ketua Panitia TPJ, FX Boy.

Hasil perjuangan SPJ selama dua tahun  membuahkan hasil. Jazz sebagai musik bebas, tanpa pakem intro, spontan begitu memikat para penikmat musik. Bahkan pada masa pandemi, para musisi telah mengadakan 35 kali jamming. Hingga jelang pagelaran TPJ 2022.

"Tanjung Perak Jazz adalah kreasi dari teman-teman. Karena di SPJ banyak sekali musisi berkualitas. Mereka bergerak bersama-sama," tambah dia. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.