Berita

Menag RI: STQ Nasional XXVI di Sofifi Harus Lancar dan Sukses

Selasa, 14 September 2021 - 19:58
Menag RI: STQ Nasional XXVI di Sofifi Harus Lancar dan Sukses Suasana pertemuan Menag Yaqut Cholil bersama Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba di Jakarta. (Foto: Biro Adpim Malut)

TIMES MATARAM, SOFIFI – Gubernur Maluku Utara (Malut), KH. Abdul Gani Kasuba kembali melakukan pertemuan dengan Menteri Agama RI (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas, di kantor Kemenag RI, Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Kali ini, Gubernur didampingi Sekda Samsudin A Kadir, Kakanwil Kemenag Malut Sarbin Sehe, Kepala Bappeda Salmin Janidi yang juga ketua panitia Daerah STQ Nasional XXVI, Kepala BPSDM Miftah Baay dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Rahwan K Suamba.

Pertemuan itu dalam rangka menyampaikan persiapan pelaksanaan STQ Nasional di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, pada 16-25 Oktober mendatang. 

STQ Nasional merupakan kegiatan keagamaan resmi pertama yang melibatkan banyak orang ditengah pandemi Covid-19, maka harus dilakukan dengan baik. 

“STQ Nasional di Sofifi harus membuktikan bahwa semua akan berjalan lancar dan sukses,” jelas Menag Yaqut

Gus Yaqut bilang, jika papua dalam pelaksanaan PON sebagai ajang olahraga fisik maka STQ Nasional Sofifi sebagai olahraga hati.

Menag-STQ-2.jpgFoto bersama Menag Yaqut, Gubernur Abdul Gani Kasuba, Kakanwil Kemenag Sarbin Sehe, Sekprov Samsudin, dan Kepala Bappeda Salmin Janidi. (Foto: Biro Adpim Malut)

STQ Nasional harus buktikan bahwa dengan doa dapat menjaga umat dari wabah penyakit yang sedang melanda. Namun demikian, protokol kesehatan harus tetap dijalankan dengan benar.

Menag bahkan meminta kepada panitia agar dibuatkan aplikasi pelindung diri khusus untuk peserta STQ Nasional sehingga dapat diukur semua kesehatan para tamu dan undangan.

Sementara, Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba menjelaskan bahwa pemerintah daerah telah bekerja keras untuk menyiapkan sarana dan prasarana perlombaan.

“Secara administrasi juga telah menyurati Presiden Jokowi. sehingga kami meminta dukungan penuh menteri Agama untuk mendukung rencana pelaksanaan persemian mesjid raya Sofifi,”ungkap Gubernur

Masih soal STQ, Ketua panitia Daerah Salmin Janidi dihadapan menteri memaparkan persiapan panitia dan menggambarkan kesiapan panitia daerah secara keseluruhan pada pelaksanaan STQ Nasional tahun ini

“Pemerintah daerah dan panitia khususnya, hingga saat ini terus menggenjot kesiapan STQ Nasional,” tandasnya. (*)

Pewarta : Wahyudi Yahya
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.