Berita

Sejarah Hari Ini: 4 Agustus, Emas Perdana Olimpiade dari Susi Susanti

Rabu, 04 Agustus 2021 - 16:02
Sejarah Hari Ini: 4 Agustus, Emas Perdana Olimpiade dari Susi Susanti Alan Budikusuma dan Susi Susanti saat podium penyerahan medali di Olimpiade Barcelona 1992. (Foto: gettyimage)

TIMES MATARAM, JAKARTA – 29 Tahun lalu, Indonesia mencatat sejarah dalam keikutsertaan di ajang olahraga Olimpiade. Catatan sejarah hari ini, pada 4 Agustus 1992, Indonesia berhasil meraih medali emas pertama di ajang Olimpiade. Total ada dua emas yang diraih Indonesia di Olimpiade Barcelona 1992 di hari itu

Medali emas pertama disumbangkan pebulutangkis Susi Susanti usai menang atas wakil Korea Selatan di final tunggal putri Olimpiade Barcelona 1992. Selang satu jam kemudian, kegembiraan bangsa Indonesia bertambah setelah pebulutangkis Alan Budikusuma menyumbangkan emas kedua usai mengalahkan kompatriotnya Ardy B Wiranata di final tunggal putra.

Emas Perdana Indonesia di Olimpiade

Susi Susanti dan Alan Budikusuma berhasil mendapatkan medali emas di Olimpiade Barcelona pada 4 Agustus 1992.

Susi Susanti berhasil mengalahkan wakil Korea Selatan, Bang Soo-hyun, lewat rubber game dengan skor 5-11, 11-5, 11-3. Sedangkan Alan mengalahkan Ardy B. Wiranata dua set langsung yakni 15-12, 18-13.

Susi SUsanti dan Alan Budi Kusuma aSusi Susanti dan Alan Budikusuma menunjukkan medali emas yang mereka raih di Olimpiade Barcelona 1992. (foto: dok BWF)

"Saya kalau juara tidak pernah selebrasi. Pada Olimpiade 1992, pertama kali saya langsung berteriak. Rasanya beban saya, tanggung jawab saya, lepas semua," ungkap Susi seperti dikutip dari Bolasport.

"Bayangkan tekanannya, semua orang yang bertemu saya sebelum Olimpiade selalu bilang: 'Harus juara!'," kenang pebulutangkis kelahiran Tasikmalaya ini.

Kesuksesan memboyong dua medali ini membuat Indonesia kala itu menjadi negara Asia ketujuh yang mampu menggapai puncak tertinggi di arena Olimpiade.

Di Olimpiade Barcelona, Indonesia juga mendapat satu medali perak yang dipersembahkan pasangan ganda putra Eddy Hartono dan Gunawan. Pasangan ini harus puas di urutan kedua setelah kalah dari pasangan Korea Park Joo-bong dan Kim Moon-soo dengan skor 11-15. 7-15. Selain itu, medali perunggu diperpoleh tunggal putra Hermawan Susanto yang kalah di semifinal saat melawan Ardy B. Wiranata. Secara total, Indonesia mendapatkan dua emas, dua perak, dan satu medali perunggu.

Susi SUsanti dan Alan Budi Kusuma bSusi Susanti dan Alan Budikusuma saat peluncuran film Susi Susanti - Love All. (foto: Isntragram susisusanti)

Sebagai informasi, Susi Susanti dan Alan Budikusuma menikah pada 9 Februari 1997 di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta.

Kisah heroik pasangan ini meraih emas Olimpiade Barcelona 1992 kemudian diangkat ke layar lebar oleh sutradara Sim F dengan judul Susi Susanti - Love All. Film ini rilis Oktober 2019.

Film ini menceritakan Susi Susanti yang mencintai bulu tangkis sejak remaja hingga akhirnya berhasil memenangkan medali emas Olimpiade pertama untuk Indonesia. Susi Susanti (diperankan oleh Laura Basuki) berjuang di tengah masa kerusuhan yang terjadi di Indonesia. Film ini juga menampilkan kisah Susi Susanti dengan Alan Budikusuma (diperankan Dion Wiyoko). (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Mataram just now

Welcome to TIMES Mataram

TIMES Mataram is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.